6 Napier Road, #07-11, Gleneagles Medical Centre, Singapura 258499
Hubungi kami untuk janji temu
6472 2283
Select Language:
Fibroid
Kejadian
Fibroid uterus (mioma) adalah tumor jinak yang paling umum terjadi di uterus. Tumor ini bisa jadi terpisah atau yang lebih umum, berkelompok, dan mempengaruhi wanita di semua jenjang usia. Meski demikian, tumor ini sering kali dikaitkan dengan wanita yang belum pernah melahirkan.
Gejala
Fibroid uterus sering kali tidak menunjukkan gejala sama sekali, dan dapat dideteksi dengan pemeriksaan ginekologi rutin.
Atau, gejala yang muncul adalah menstruasi dengan nyeri berlebih, menstruasi yang nyeri, nyeri perut yang tidak terkait dengan menstruasi, perut kembung, dan yang jarang sekali, gangguan fungsi urinaria dan usus.
Perawatan
Fibroid tanpa gejala yang berukuran kurang dari 4.0 cm tidak membutuhkan bedah.
Fibroid dengan gejala membutuhkan penatalaksanaan aktif, berapa pun ukurannya. Misalnya, fibroid yang berukuran 1.0 cm di rongga rahim yang menyebabkan menstruasi dengan nyeri berlebih harus diangkat.
Metode bedah
  1. Histeroskopi
    reseksi fibroid dalam rongga rahim.
  2. Miomektomi
    pengangkatan fibroid dengan mempertahankan rahim. Ini bisa dilakukan melalui laparotomi (sayatan perut) atau laparoskopi (bedah lubang kunci).
  3. Histerektomi
    bedah ini meliputi pengangkatan seluruh rahim, dan ini biasanya dilakukan pada wanita usia baya yang telah memiliki anak dan fibroid berjumlah banyak serta berukuran besar. Ovarium tidak perlu diangkat saat dilakukan pembedahan. Selain itu, bedah dapat dilakukan melalui laparatomi atau laparoskopi.
Pemulihan Pasca Bedah
Prosedur histeroskopi biasanya tidak membutuhkan rawat inap, kecuali jika mioma submukosa berukuran besar, dan terjadi perdarahan berlebih.
Miomektomi laparoskopi, pada kasus sederhana, mungkin juga membutuhkan prosedur bedah sehari atau sebagian besar rawat inap sehari, sedangkan miomektomi, yang dilakukan melalui bedah konvensional, membutuhkan waktu rawat inap sedikitnya 3 hari.
Histerektomi laparoskopi biasanya membutuhkan waktu rawat inap 2 malam di rumah sakit, dibandingkan 4-5 hari, pada kasus laparatomi konvensional.
Kirimi kami pertanyaan
Info Kontak
6 Napier Road, #07-11
Gleneagles Medical Centre
Singapura 258499
Telp :  6472 2283 (telepon untuk janji temu)
Faks : 6473 5928
Email : seethoclinic@gmail.com