6 Napier Road, #07-11, Gleneagles Medical Centre, Singapura 258499
Hubungi kami untuk janji temu
6472 2283
Select Language:
Inkontinensi Tekanan Urinaria
Apa itu Inkontinensi Tekanan Urinaria?
Inkontinensi urinaria adalah masalah kesehatan dimana urine seseorang keluar secara tidak sengaja ketika dia batuk, tertawa atau berolah raga. Atau dia tidak dapat menahan buang air kecil hingga sampai di kamar mandi.
Apa penyebab umum inkontinensi tekanan urinaria?
Melahirkan normal melalui vagina mungkin merupakan penyebab utama masalah kesehatan ini, karena kelahiran bayi melalui vagina mengakibatkan 3 dampak berikut pada lantai pelvis:
  1. Kerusakan langsung otot lantai pelvis
  2. Kerusakan saraf yang menyuplai otot lantai pelvis
  3. Kerusakan pada otot yang mengontrol saluran urine dan feses
Penyebab lain adalah prolaps uteri-vagina (karena penyangga rahim sama dengan penyangga untuk kandung kemih), menopause, obesitas, konstipasi kronik, oleh raga berlebih, masalah medis kronik, dan yang paling jarang, tumor pelvis.
Bisakah masalah kesehatan ini ditangani secara efektif?
Ya! Namun demikian banyak wanita menerima kondisi ini sebagai kondisi keibuan yang wajar, atau tidak ada pemulihannya.
Apa metode perawatannya?
Sebelum tergesa-gesa memilih perawatan bedah, selalu pertimbangkan uji perawatan konservatif. Sejumlah faktor penyebab seperti obesitas, menopause, konstipasi kronik dan kondisi medis harus dipertimbangkan. Hanya jika perawatan ini gagal, atau jika terdapat patologi pelvis yang terkait, bedah akan disarankan.
Manajemen Bedah Inkontinensi Tekanan Urinaria
Dalam kurun waktu 100 tahun sejak masalah ini dikenali dan didokumentasikan, ada banyak operasi yang dapat dilakukan untuk menangani masalah kesehatan ini. Prosedur berikut merupakan sejumlah prosedur yang paling umum dilakukan saat ini.
  1. Perbiakan Kelly merupakan operasi paling awal, dan merupakan nama dari dokter spesialis ginekologi. Operasi ini merupakan operasi melalui saluran vagina dan merupakan kelanjutan dari operasi perbaikan anterior (kolporafi) untuk prolaps uteri-vagina. Operasi ini sederhana, namun masih dijalankan hingga saat ini oleh banyak dokter spesialis ginekologi. Meski demikian, kekurangan utama dari operasi ini adalah, meskipun pemulihan pasien cepat, namun tingkat kekambuhannya tinggi. Angka kesembuhan 10 tahun sekitar 30-40 persen. Dibutuhkan waktu menginap semalam di rumah sakit.
  2. Burch colposuspension. Ini merupakan operasi invasif dan dilakukan melalui abdomen, baik dengan sayatan laparotomi atau laparoskopi (bedah lubang kunci). Operasi ini sangat efektif, dan angka kesembuhan 10 tahun sekitar 80-85%. Karena invasif, komplikasi seperti perdarahan, infeksi dan retensi urinaria lebih umum terjadi. Operasi ini juga lebih sulit, secara teknis. Oleh karena itu, operasi ini digantikan oleh operasi dalam penjelasan berikut, yang kini dianggap sebagai operasi pilihan yang terbaik.
  3. Tension Free Vaginal Tape (TVT), (lihat gambar). Prosedur ini telah dipelajari secara luas sejak pertengahan tahun 1990-an, dan didokumentasikan dengan sangat baik dalam literatur medis. Prosedur ini dilakukan melalui vagina, namun terdapat dua luka tusukan kecil di dekat area pubis tempat memasukkan pita. Di tangan yang berpengalaman, prosedur ini relatif mudah dilakukan, dan pasien sebagian besar membutuhkan waktu menginap semalam di rumah sakit. Pada beberapa contoh, pasien bisa langsung pulang ke rumah di malam hari pada hari yang sama setelah operasi. Angka kesembuhan 10 tahun sekitar 90-95%. Variasi lain dari prosedur ini adalah luka tusuk yang dilakukan di area sekitar paha. (TVT-O).
Diskusikan opsi-opsi ini dengan dokter spesialis ginekologi Anda. Selain itu, Anda perlu mengetahui bahwa apa pun operasi yang dipilih, operasi ini harus dilakukan dengan baik, karena operasi ulangan akan lebih sulit dilakukan dan memberi hasil yang lebih buruk.
Kirimi kami pertanyaan
Info Kontak
6 Napier Road, #07-11
Gleneagles Medical Centre
Singapura 258499
Telp :  6472 2283 (telepon untuk janji temu)
Faks : 6473 5928
Email : seethoclinic@gmail.com